Wednesday, February 8, 2012

Setting Internet Information Service (IIS) 7


Apa itu IIS?
Penjelasan secara singkat IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet danIntranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft Back Office lainnya. (Wikipedia)


Pengalaman Setting IIS 7
Awalnya saya menggunakan Windows XP dengan IIS 6, lalu saya upgrade laptop saya dengan Windows 7. Otomatis saya pindahkan semua source code aplikasi saya (ASP.net - Visual Studio 2005), saat saya menjalankan solution dari project web saya pada windows 7 terdapat error yang intinya "IIS 6 tidak kompatibel dan ada fitur yang belum di instal".


Ternyata masih harus ada yang saya atur pada Control dan IIS di windows 7. berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Control Panel >> pilih Programs >> Pada Programs and Features klik Turn Windows features on or off.
  2. Centang pengaturan IIS mengikuti gambar dibawah ini, lalu klik tombol OK.


Pengaturan pada IIS (Run >> Ketik "inetmgr")
  • Pada panel connection pilih aplikasi yang ingin diatur.
  • Klik basic setting pada panel Action, pada Application pool pilih Classic .NET AppPool  untuk Visual studio 2005 (Framework v2).
  • Kemudian dapat di test dengan klik tombol Test Settings
Semoga membantu, Thanks ^^


Original (By Wisnu)

No comments:

Post a Comment